Ibu Hamil Naik Motor? Bolehkah?

ibu hamil naik motor

Tentunya wanita atau ibu hamil sering sekali mempertanyakan cara menjaga kehamilan. Apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang pertama kali pada wanita atau ibu tersebut. Beberapa wanita hamil mengkhawatirkan terjadinya keguguran yang disebabkan karena kecerobohan dalam menjaga kehamilan. Untuk wanita hamil yang tetap menjalankan aktivitasnya sehari-hari, mungkin sedikit cemas. Apalagi jika tetap harus menggunakan kendaraan bermotor untuk melakukan aktivitas tersebut. Nah, untuk itu berikut ini sedikit ulasan mengenai boleh atau tidaknya ibu hamil naik motor.

Bolehkah Ibu Hamil Naik Motor ?

Wanita hamil yang akan menggunakan kendaraan bermotor sebaiknya harus memperhatikan usia kehamilan serta faktor kesehatan. Setiap wanita tentu memiliki faktor kesehatan yang berbeda-beda. Jika staff medis atau dokter kandungan menyatakan diri anda tidak dalam masalah kehamilan, mungkin anda dapat mengendarai kendaraan bermotor.

Menggunakan kendaraan bermotor pada wanita hamil memiliki resiko yang sangat besar.

  1.  Kurangnya pengamanan ketika menggunakan kendaraan bermotor, apalagi ketika dilakukan pengereman mendadak.
  2. Kestabilan berkendara juga mempengaruhi.
  3. Jalanan yang kurang baik sehingga mengakibatkan guncangan dan mempengaruhi kondisi kandungan, terlebih lagi jika usia kehamilan berada di trimester satu.

Meskipun menggunakan kendaraan bermotor pada wanita hamil tidak dilarang, akan tetapi pastikanlah kandungan anda terhindar dari guncangan yang berlebihan. Yang mana hal tersebut akan menyebabkan keguguran. Selama anda tidak mengeluhkan kram perut, flek, atau timbulnya pendarahan, mungkin anda tidak perlu khawatir. Akan tetapi, apabila anda mengalami keluhan tersebut setelah menggunakan kendaraan bermotor, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter kandungan.

Baca juga: Penyebab haid tidak lancar

Inilah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko ibu hamil naik motor.

  • Utamakan keamanan dan kesehatan ketika berkendara selama kehamilan
    Faktor penting yang mungkin dapat anda perhatikan adalah menggunakan pengamanan. Menggunakan helm, merupakan salah satu perangkat kendaraan bermotor yang wajib. Gunakanlah jaket ketika menaiki kendaraan bermotor. Hal itu untuk melindungi terpaan angin dan sengatan panas sinar matahari. Pada beberapa wanita hamil, mereka menggunakan sabuk penopang kehamilan, namun ada pula yang tidak menggunakanya, asalkan tetap menjaga kandungan saat ada guncangan.
  • Sebisa mungkin untuk mengurangi menggunakan kendaraan bermotor
    Bagaimanapun juga, menggunakan kendaraan roda dua memiliki resiko yang mungkin jauh lebih tinggi, dari pada menggunakan kendaraan roda empat. Sehingga ada baiknya anda gunakan apabila memang usia kehamilan dan kondisi kesehatan mendukung saja. Hindari menggunakan kendaraan bermotor terlalu sering pada trimester awal kehamilan, terlebih lagi bagi anda yang menempuh perjalanan jauh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*