Pemaparan Isu Terkini Seputar Kesehatan Masyarakat

seputar kesehatan masyarakat

Isu Terkini Seputar Kesehatan Masyarakat – Setelah dilaksanakannya kuliah umum tentang pengenalan kesehatan masyarakat kepada seluruh mahasiswa pascasarjana FKM UI, siang kemarin (14/9/2016) kembali dilaksanakan sebuah kuliah umum untuk mahasiswa pascasarjana yang terdaftar pada mata kuliah kesehatan masyarakat intermediet di Aula G FKM UI. Kuliah umum ini mendatangkan seorang narasumber senior dari FKM UI, dr. Kemal N. Siregar, S.KM, M.A, Ph.D. Dimoderatori oleh Wakil Dekan I FKM UI, Ibu Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc, beliau memperkenalkan dr. Kemal yang sebelumnya pernah menjabat beberapa posisi penting di FKM, diantaranya Dekan FKM UI tahun 1991-1995, Wakil Dekan Bidang Akademik dan sekarang menjabat sebagai Ketua Sekretaris Eksekutif dari KPAN (Komisi Penanggulangan Aids Nasional).

Mata kuliah kesehatan masyarakat intermediet merupakan mata kuliah yang mempelajari berbagai konsep dan metode kesehatan masyarakat yang dapat diterapkan untuk menanggulangi masalah kesehatan masyarakat. Kuliah umum ini diberikan dengan begitu interaktif antara narasumber dengan mahasiswa, beberapa pertanyaan awal mengenai pengertian, tujuan dan peran profesi kesehatan masyarakat berulang kali coba dijawab oleh mahasiswa.
Terdapat dua video yang diputar pada sesi kuliah umum ini, yang pertama video bertajuk “What is Public Health?” dan berikutnya “Most Urgent Issues in Public Health”. Menurut dr. Kemal, terdapat dua inti dari kesehatan masyarakat yaitu penguasaan dan pemahaman situasi melalui kegiatan surveilans dan riset. Pemahaman diperlukan untuk mengetahui outcome berupa kecacatan dan penyakit serta exposure dalam bentuk risiko dan intervensi. Jika kedua hal ini sudah diketahui, maka besaran dan distribusi masalah baik secara geografis maupun sosial dapat ditentukan sebagai perencanaan untuk peningkatan kesehatan.

Pemaparan Isu Terkini Seputar Kesehatan Masyarakat

Definisi mendasar kesehatan masyarakat menurut Winslow 1992, merupakan ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang usia hidup, promosi kesehatan fisik dan efisiensi melalui usaha pengorganisasian masyarakat untuk menciptakan sanitasi lingkungan, mengontrol infeksi di komunitas, mendidik personal hygiene individu, pengorganisasian pelayanan medis melalui diagnosis awal dan treatment penyakit yang akan memastikan setiap individu dalam masyarakat memiliki standar hidup yang cukup untuk pemeliharaan kesehatan.
Seorang ahli kesehatan masyarakat harus memahami surveilan dan riset untuk menentukan keputusan tindakan yang akan diambil dengan tujuan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terdapat beberapa masalah kesehatan masyarakat, mulai dari yang sering kita hadapi dalam pekerjaan sehari-hari, dalam level Indonesia, maupun global. Beberapa contoh misalnya penyakit infeksi, campak, DBD, Malaria dan Virus Zika yang sekarang sudah sampai di Negara tetangga.
Beberapa masalah kesehatan masyarakat menurut para ahli diantaranya, adalah overweigh, ledakan populasi, water security, early childhood education dan well-being vulnerable people, SDM di bidang kesehatan, penyakit kronis seperti kanker, kesehatan mulut, hygiene sanitasi perorangan, perilaku merokok, kualitas hidup dari orang yang berusia, climate change, energy, dan beberapa determinan sosial dalam kesehatan yang penting untuk diperhatikan. Di Indonesia sendiri, terdapat perubahan beban penyakit masyarakat selama 25 tahun ini. 10 besar penyebab kematian terdiri dari cerebrovascular, penyakit jantung iskemik, diabetes melitus, tubercolusis pernapasan, hipertensi, penyakit pernapasan khususnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), penyakit liver, kematian akibat kecelakaan lalu lintas, pneumonia, dangastro-enteritis karena infeksi.

Beberapa isu terkini seputar kesehatan masyarakat tersebut di atas merupakan beberapa isu terkini yang akan menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa ataupun pelaku profesi kesehatan masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*