Manfaat Sunat Pada Pria

manfaat sunat pada pria
Gambar : Health - Liputan6.com

Manfaat Sunat Pada Pria – Sunat atau Khitan merupakan pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Di Indonesia sunat ini adalah hal yang umum. Untuk pria muslim, sunat merupakan hal yang wajib dilakukan. Laki-laki dewasa umumnya ditandai ketika sudah sunat. Untuk beberapa orang di Indonesia, sunat bisa dikatakan sebagai ritual agama, tradisi, kebersihan pribadi atau perawatan kesehatan.

Berbagai manfaat sunat pada pria

  • Manfaat sunat untuk menjaga kebersihan
    Dengan sunat, pria dapat lebih mudah membersihkan penis.
  • Menurunkan resiko infeksi saluran kemih
    Umumnya, sedikit kemungkinan laki laki beresiko infeksi saluran kemih. Tetapi infeksi ini lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat. Sebab setelah kencing, biasanya akan tersisa di kulit (kulup penis) yang akhirnya dapat menyebabkan iritasi kronis. Kebersihan penis tentu dapat menghindari pria dari berbagai penyakit menular. Selain itu bagian ujung penis pria merupakan tempat tumbuhnya banyak kuman / bakteri. Jika tidak disunat, pria dapat berisiko terjangkit inflamasi yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.
  • Menurunkan resiko terinfeksi penyakit menular seksual
    Laki laki yang sudah disunat mungkin memiliki resiko yang lebih rendah terinfeksi penyakit menular seksual. Namun, praktek seksual yang aman tetap penting.
  • Menghindari kanker prostat
    Sunat dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit kelamin menular yang menjadi salah satu penyebab kanker prostat.
  • Terhindar dari HIV
    Pria yang sudah dikhitan memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit menular seksual, salah satunya adalah HIV. Sunat dapat mengurangi resiko terinfeksi HIV hingga 50 persen. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa setelah dikhitan, jumlah total bakteri yang terdapat di kulup penis partisipan menurun secara signifikan. Jumlah oksigen yang terdapat di penis menjadi meningkat sekaligus menurunkan kelembabannya. Dengan mengubah ekosistem yang ada di penis maka penis tidak menjadi sarang virus.
  • Terhindar dari infeksi ginjal & kandung kemih.
    Anak laki-laki yang tidak dikhitan sepuluh kali lebih mudah terserang infeksi ginjal, kandung kemih, dan uretra daripada bocah yang dikhitan.
  • Manfaat sunat sebagai penyumbang bakteri baik.
    Sunat atau khitan diketahui dapat mengurangi risiko tertular HIV dan penyakit menular seksual lainnya. Dimanakah letak bakteri baik tersebut pada penis? Bakteri tersebut terletak di bawah kulup penis.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*