Penyebab Gigi Kuning Karena Beberapa Hal Ini

penyebab gigi kuning

Penyebab gigi kuning – Setiap orang tentu ingin memiliki senyum yang menawan dengan gigi bersih dan putih cemerlang. Senyum lebar yang cerah serta gigi putih tentu menjadi dambaan bagi setiap orang. Hal tersebut tentu dapat menambah rasa percaya diri. Namun, pola makan yang buruk dapat memudarkan warna putih serta dapat membuat gigi menjadi kuning. Selain itu juga, kusamnya warna gigi akibat usia yang semakin bertambah.

Selain faktor usia, enamel permukaan gigi mulai retak dan terjadi pengikisan pada dentin. Hal tersebut membuat zat-zat pada makanan termasuk warna makanan terserap oleh gigi. Hal tersebutlah yang dapat menjadi penyebab menempelnya noda tadi dan menjadi plak serta tartar pada gigi yang akhirnya membuat penampilan gigi menjadi kusam dan berwarna kuning.

Baca juga: Mengatasi obesitas pada anak

Kandungan kromogen yang terdapat pada makanan dan minuman merupakan salah satu penyebab gigi kuning paling utama. Apasih kromogen itu? Kromogen merupakan pigmen berwarna yang menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi. Selain kandungan kromogen, tingkat keasaman makanan juga akan berdampak pada warna gigi karena tingkat asam yang tinggi akan dapat mengikis lapisan enamel.

Penyebab Gigi Kuning

Beberapa penyebab gigi kuning yang paling umum diantaranya;

  • Merokok
    Merokok merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan warna gigi karena mengandung bahan kimia seperti tar dan lainnya, yang dapat mengubah warna gigi menjadi kusam atau kuning kecoklatan. Apabila perubahan warna pada gigi terjadi karena merokok, maka segeralah berhenti merokok.
  • Kopi
    Kopi juga dapat menjadi salah satu permasalahan untuk gigi. Meskipun kopi memiliki berbagai manfaat, namun kopi nampaknya kurang bersahabat dengan gigi. Kopi dapat membuat warna pada gigi menjadi tampak kusam.
  • Teh
    Teh dan juga teh hitam dapat menyebabkan noda pada gigi karena kandungan kromogennya yang tinggi. Teh hitam bahkan mengandung kromogen yang lebih tinggi dari pada kopi. Apabila anda gemar meminum teh, anda dapat memilih jenis teh lain yang memiliki warna lebih jernih.
  • Minuman manis dan juga soda
    Terdapat berbagai merek minuman soda, minuman manis, dan juga minuman olahraga yang mengandung asam sitrat, gula asam, dan asam fosfat, yang dapat mengikis enamel dalam jangka panjang. Terlebih lagi apabila anda meminumnya tanpa menyikat gigi atau berkumur sesudahnya. Minuman-minuman seperti ini sering mengandung pewarna karamel yang dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi.

Baca juga: Makanan pelancar haid

  • Wine
    Wine merah dan juga wine putih mengandung tanin dan juga polifenol. Kedua zat tersebut dapat menjadi penyebab perubahan warna gigi menjadi lebih kusam. Selain itu, anggur putih juga memiliki sifat asam yang dapat mengikis enamel pada gigi anda. Hal tersebut dapat terjadi apabila anda meminumnya terlalu sering.
  • Permen karet
    Permen karet juga dapat menjadi salah satu penyebab perubahan gigi menjadi berwarna lebih kusam. Tidak hanya permen karet, semua jenis permen sesungguhnya memang tidak baik untuk kesehatan gigi. Namun permen karet memiliki dampak lebih buruk terhadap gigi. Kandungan gula pada permen karet juga dapat merusak gigi sampai akhirnya menyebabkan rasa sakit pada gigi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*