Penyebab Haid Tidak Lancar

penyebab haid tidak lancar

Sehatology – Untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar, ada baiknya untuk mengetahui hal apa sajakah yang dapat menjadi faktor penyebab haid atau menstruasi tidak lancar. Karena jika kita menginginkan menstruasi yang lancar setidaknya kita tahu faktor apa saja yang menjadi penyebab haid tidak lancar tersebut, sehingga kita dapat mencegah atau menghindari hal tersebut.

Apa Penyebab Haid Tidak Lancar?

Untuk dapat mengetahui penyebab haid atau menstruasi tidak lancar, kita dapat melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang dapat memeriksa kondisi rahim kita dengan baik menggunakan peralatan kesehatannya. Sehingga jika kita sudah mengetahui faktor yang menjadi penyebab menstruasi tidak lancar tersebut, kita dapat langsung diberikan solusi yang tepat oleh dokter yang ahli di bidangnya.

Selain meelakukan pemeriksaan di rumah sakit, ada juga beberapa faktor penyebab menstruasi tidak lancar yang dapat kita ketahui sendiri. Maka dari itu, berikut informasi mengenai beberapa faktor penyebab haid tidak lancar.

1. Stress
Stress menjadi faktor penyebab haid tidak lancar yang paling umum atau paling sering terjadi akbiat stress. Menurut penelitian beberapa ahli, stress dapat mengganggu hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Stress juga dapat menjadi pemicu berbagai penyakit masuk pada diri kita. Maka dari itu, ada baiknya kita dapat mengelola tingkatan stress kita dengan baik sehingga tidak menjadi penyebab menstruasi tidak lancar.

2. Penggunaan Kontrasepsi
Apakah kamu pengguna kontrasepsi berupa pil atau suntik KB? Jika iya, mungkin siklus haid kamu akan terganggu. Faktor penyebab menstruasi tidak lancar yang kerap kali dialami para wanita yang telah menikah biasanya disebabkan dari alat KB. Penggunaan alat Kb dapat mengganggu hormon dalam tubuh. Namun tidak semua wanita yang memiliki menstruasi tidak lancar itu disebabkan karena alat KB. Karena mungkin sebagian wanita tersebut cocok dengan alat KB yang mereka pakai, jadi tidak menyebabkan haid tidak lancar.

3. Gangguan Hormon
Hormon yang tidak seimbang dapat menjadi faktor penyebab menstruasi tidak lancar, karena hormon dapat mempengaruhi menstruasi, maka jika ada masalah pada hormon salah satu akibatnya menstruasi jadi tidak lancar. Gangguan hormon atau hormon yang tidak seimbang tersebut bisa disebabkan oleh tubuh yang terlalu lelah. Tetap jaga keseimbangan hormon untuk mendapatkan menstruasi yang lancar dengan cara banyak atau istriahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan yang bervitamin serta bernutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas
Kelebihan berat badan sering dianggap dapat membahayakan kesehatan tubuh. Hal tersebut memang benar. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan obesitas, dan hal itu dapat juga mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita dengan berat badan yang lebih memiliki resiko yang cukup tinggi untuk mendapatkan siklus menstruasi yang tidak lancar. Disamping itu juga, obesitas dapat memicu penyakit tiroid.

5. Penyakit Tiroid
Obesitas dapat mengakibatkan timbulnya tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yant terletak di leher dan fungsinya untuk mengatur proses metabolisme tubuh. Kelenjar ini juga berpengaruh pada sistem tubuh lainnya, termasuk produksi hormon. Ketidakseimbangan tiroid, seperti hipotiroid atau hipertiroid, dapat mempengaruhi kelancaran siklus menstruasi.

6. Jamur
Adanya jamur di dalam tubuh atau vagina dapat menyebabkan infeksi, infeksi tersebut akan menyebabkan vagina gatal dan juga bisa menyebabkan infeksi masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan penyakit. Maka dari itu, kebersihan vagina yang tidak terawat dengan baik dapat menjadi faktor penyebab haid tidak lancar, atau juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya jika tidak diatasi dengan baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*