Penyebab Infeksi Ginjal Pada Wanita

penyebab infeksi ginjal

Ginjal merupakan organ dalam tubuh manusia yang penting. Ginjal melakukan proses penyaringan darah dan juga penyerapan racun di dalam tubuh. Terdapat 2 buah ginjal pada tubuh manusia. Jika salah satu ginjal mengalami gangguan atau kehilangan fungsinya, maka tubuh dapat mengalami banyak gangguan dan akan memicu timbulnya penyakit ginjal. Oleh karena itu, penting untuk tahu menjaga kesehatan ginjal. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan mengenai salah satu jenis penyakit ginjal itu sendiri, yaitu infeksi ginjal. Ayo cari tahu apasih penyebab infeksi ginjal tersebut !

Penyebab Infeksi Ginjal

Penyebab infeksi ginjal bervariasi, tergantung pada jenis infeksi yang terjadi. Penyakit ginjal itu sendiri berkembang secara bertahap, tergantung dari kekuatan dan ketahanan ginjal pada seseorang. Kekuatan dan ketahanan ginjal pada setiap orang pun berbeda-beda. Dengan mengetahui penyebab timbulnya infeksi ginjal dapat dilakukan upaya pencegahan infeksi pada ginjal. Selain itu juga, dapat membantu dokter untuk memberikan penanganan yang tepat dan akurat. Berikut beberapa penyebab infeksi ginjal;

  • Pielonefritis
    Pielonefritis merupakan salah satu infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini umumnya berada di usus karena limbah di ginjal. Bakteri yang paling umum menyebabkan infeksi bakteri yang terdapat di dalam kotoran manusia yaitu Escherichia Coli. Bakteri ini juga menyebabkan infeksi saluran kemih. Bakteri ini masuk ke dalam uretra yang terbuka hingga naik menuju kandung kemih. Lalu bakteri yang menginfeksi kandung kemih akan myebar dan menjalar menuju ginjal.
  • Glomerulonefritis
    Glomeruli atau merupana filter ata penyaring pada ginjal mengalami gangguan dan kerusakan sehingga membuat urin bercampur dengan darah. Glomerulonefritis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan virus.
  • Diabetes Miletus
    Salah satu faktor resiko utama infeksi pada ginjal adalah diabetes melitus. Hal ini menjadi faktor penyebab gagal ginjal dan komplikasi parah pada ginjal.
  • Anatomi tubuh pada wanita
    Saluran uretra(saluran kencing) pada wanita memiliki ukuran yang lebih pendek dari pada laki-laki. Dan ini membuat infeksi bakteri akan lebih mudah menyebar ke dalam uretra.
  • Kondisi bawaan lahir pada anak-anak
    Anak-anak yang terlahir dengan kondisi medis tertentu berhubungan dengan kelainan ginjal dan saluran kemih dapat meningkatkan resiko infeksi pada ginjal. Dan, anak yang mengalami konstipasi juga memiliki resiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi ginjal.
  • Sumbatan (obstruksi) saluran kemih
    Penyumbatan pada saluran kemih seperti adanya batu ginjal dan juga adanya pembengkakan pada saluran prostat juga bisa meningkatkan resiko terkena infeksi pada ginjal.
  • Lemahnya sitem kekebalan tubuh
    Kondisi melemahnya sistem tubuh bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti menderita diabetes tipe 2, terjangkit HIV/AIDS, atau mungkin disebabkan oleh obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi. Semua hal di atas dapat meningkatkan faktor risiko terkena infeksi pada ginjal.
  • Wanita yang aktif secara seksual
    Saluran uretra pada wanita lebih pendek daripada pria. Dan, bentuk organ intim wanita sangat rentan terhadap iritasi. Hubungan seksual secara aktif dapat membuat organ intim wanita lebih mudah iritasi dan mempermudah bakteri untuk menjalar masuk ke dalam kandung kemih. Melakukan aktivitas seksual yang sehat dan juga selalu menjaga kebersihan organ intim merupakan salah satu cara mencegah munculnya infeksi ginjal dan juga dapat menurunkan faktor risiko untuk terjangkit penyakit ini.
  • Orang yang sering melakukan seks anal
    Salah satu penyebab infeksi ginjal yaitu adanya bakteri Escherichia coli yang masuk ke dalam saluran kandung kemih. Bakteri E. coli seringkali ditemukan berada dalam usus dan keluar melalui anus. Melakukan anal seks sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan bakteri E. coli yang ada di dalam usus masuk ke dalam saluran uretra. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih dan bisa menyebabkan infeksi ginjal apabila terjadi penyebaran besar-besaran. Oleh sebab itu hindari seks anal, karena merupakan perilaku seks menyimpang untuk dapat mengurangi faktor resiko terkena infeksi ginjal.
  • Wanita hamil
    Perubahan fisik terjadi pada wanita hamil menyebabkan aliran urine dalam tubuh menjadi lambat, sehingga bakteri bisa dengan mudah menyebar ke dalam organ

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*