Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita

tanda tanda menstruasi pada wanita

Wanita secara rutin mengalami menstruasi atau haid. Itu merupakan hal yang umum. Biasanya, sebelum terjadi menstruasi ada beberapa tanda tanda menstruasi yang dialami wanita. Siklus menstruasi yang merupakan suatu proses alami itu terkadang membuat para wanita merasa tidak nyaman, dan itulah mengapa sebenarnya para wanita bisa mengamati tanda pada menstruasi sejak dini sehingga dapat menyadari kondisi tubuh yang tak enak.

Tanda Tanda Menstruasi Pada Wanita

Menstruasi melibatkan hormon yang menyebar dalam aliran darah dan organ-organ reproduksi wanita, dan ketika hal tersebut terjadi maka tubuh akan merasakan gejala atau tanda pada menstruasi. Namun, tidak semua wanita menyadarinya, bahkan menganggapnya sebagai penyakit atau akibat kelelahan.

Berikut merupakan beberapa gejala atau tanda pada menstruasi sebagai akibat dari perubahan kadar hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan perubahan fisik dan emosional.

Perubahan Fisik

Berbagai gejala fisik bisa terjadi hingga sepuluh hari sebelum menstruasi itu datang. Sebanyak delapan puluh persen wanita akan mengalami perubahan fisik sebagai tanda pada menstruasi akan datang, sebagai berikut;

1.Gangguan Pencernaan.
Gangguan pencernaan yang paling umum terjadi pada wanita yaitu mengalami sering kembung, mual, kram perut, diare, atau sembelit. Bahkan pada beberapa wanita ada beberapa yang cenderung untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

2.Masalah Kulit.
Masalah kulit menjadi salah satu tanda pada menstruasi yang mungkin menjengkelkan menurut beberapa wanita. Munculnya jerawat di wajah akibat pengaruh hormon membuat wanita merasa risih atau terganggu akan adanya jerawat di wajah tersebut.

3.Payudara Terasa Nyeri.
Untuk beberapa wanita payudara terasa nyeri merupakan tanda pada menstruasi. Hal ini memang tidak umum, akan tetapi beberapa wanita mengalaminya. Hal tersebut juga menjadi gangguan serta wanita merasa tidak nyaman akibat rasa nyeri pada payudara tersebut.

4. Nyeri Pada Sendi, Punggung, dan Pinggang.
Sebagian besar wanita yang akan menstruasi merasakan nyeri pada sendi, punggung dan pinggang. Hal tersebut menjadi tanda pada menstruasi yang dapat dirasakan pada wanita. Beberapa wanita sudah paham ketika rasa nyeri menyerang maka mereka segera mempersiapkan segala sesuatu untuk menstruasi tersebut.

Perubahan Emosional

Tanda tanda pada menstruasi akan datang juga mencakup perubahan dalam suasana hati. Para wanita tersebut dapat menjadi lebih mudah marah, depresi, stres, cemas, bahkan beberapa wanita menjadi mudah tersinggung, merasa tegang dan cenderung bersedih. Kadang kala tidurpun juga terganggu, dan mungkin merasakan lelah yang berlebih daripada biasanya.

Baca juga: Makanan pelancar haid

Ada beberapa cara atau teknik untuk meringankan rasa sakit atau ketidaknyamanan tersebut, seperti menggunakan obat penghilang rasa sakit, olahraga ringan, kompres bagian perut dengan air hangat, seta lakukan pemijatan ringan bada bagian perut bawah.

Premenstrual Syndrome (PMS)

Premenstrual Syndrome (PMS) meliputi gejala fisik, psikologis, dana emosional yang bisa terjadi pada hari hari sebelum menstruasi datang. Namun, hal ini juga tidak mempengaruhi setiap wanita, mungkin hanya beberapa atau sebagian pada wanita.

Beberapa gejala fisik PMS;

  • Perasaan kembung dan retensi cairan
  • Rasa nyeri dan rasa tidak nyaman pada perut
  • Sakit kepala
  • Perubahan kulit dan rambut
  • Rasa sakit pada area punggung
  • Rasa nyeri otot dan sendi
  • Rasa nyeri pada payudara
  • Insomnia atau masalah tidur
  • Kelelahan serta rasa mual

Beberapa gejala psikologis PMS;

  • Perubahan suasana hati / mood tidak bagus
  • Perasaan marah atau emosional
  • Mudah tersinggung dan mudah marah
  • Perasaan depresi atau stres
  • Gelisah

Baca juga: Penyebab haid tidak lancar

Beberapa wanita juga mengalami rasa sakit saat haid (dismenorea). Ini biasanya akan dirasakan berupa kram otot dalam perut yang kadang kadang dapat menyebar ke punggung dan paha.

Perhatikan Tanda Tanda Menstruasi Tidak Normal

Anda bisa perhatikan apakah menstruasi atau tanda tanda menstruasi yang anda alami merupakan tanda tanda menstruasi pada wanita yang normal atau sebaliknya. Pendarahan di luar jadwal menstruasi, pendarahan setelah berhubungan seksual atau pendarahan setelah monopause perlu dikonsultasikan dengan dokter. Mungkin dapat disebabkan oleh infeksi, kelainan pada serviks (leher rahim) atau, dalam kasus yang jarang, hal tersebut juga bisa menjadi kanker. Jika anda tidak menstruasi setelah melakukan hubungan seksual sebelumnya, bisa jadi anda hamil. Cari tahu dengan cara melakukan tes kehamilan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*